Kamis, 18 Mei 2017

Perbandingan Website Orgnisasi Publik dengan Organisasi Swasta



TUGAS
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN
 “Perbandingan Website Orgnisasi Publik dengan Organisasi Swasta”




Oleh
KELOMPOK 5
YONI YULIA PUTRI       (15042023)
WAHYU KURNIAWAN   (15042051)
BAYU WIJAYA PUTRA    (15042077)

Dosen Matakuliah
Aldri Frinaldi. SH.,M.Hum., Ph. D



JURUSAN ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS NEGERI PADANG
2017
A.    Web Organisasi Publik

Pada saat ini perkembangan teknologi informatika dan komunikasi yang semakin cepat berkembang, mempengaruhi cepatnya kebutuhan akan informasi yang semakin cepat, tanpa dibatasi oleh letak geografis. Dimana kebutuhan informasi yang cepat dan dapat diakses oleh siapapun tersebut, dapat diakomodasi oleh layanan yang bernama internet. Proses komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan kebijakan serta memudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah tempat tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekkan pemerintahan yang berbasis teknologi komunikasi.
 Sejalan dengan itu, peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang dilakukan adalah dengan membuat suatu portal website. Dengan adanya website, informasi, komunikasi, dan transaksi antara masyarakat dan pemerintah dilakukan via internet. Sehingga ada beberapa manfaat yang dihasilkan seperti misalnya, komunikasi dalam sistem administrasi berlangsung dalam hitungan jam, bukan hari atau minggu. Artinya, pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi sangat cepat, service dan informasi dapat disediakan 24 jam sehari, tujuh hari dalam seminggu. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan mobile dimanapun tanpa harus hadir secara langsung. Fungsi ini disebut sebagai fungsi pelayanan pemberian informasi secara G2C (Government to Citizen). Fungsi lainnya adalah G2B (Government to Business), dan G2G (Government to Government).




1.      Manfaat Website pada Organisasi Publik
Manfaat dari adanya website pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.       Dapat menerima aspirasi masyarakat dengan efektif dan efisien
b.      Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan
c.       Antara pemerintah dan masyarakat terjadi hubungan yang berkesinambungan berkat website yang dikelola pemerintah.
d.      Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah
e.       Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN lebih terawasi masyarakat.
f.       Mengundang para investor baik dalam negeri maupun luar negeri.
g.      Internet sebagai media untuk berkampanye                               
h.      Fasilitas Teleconference, dapat digunakan pada konferensi dengan lebih efektif dan efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
2.      Keunggulan Web pada Organisasi Publik
Keunggulan dari adanya web pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.       Masyarakat dapat mengakses berbagai informasi tentang pemerintahan. Baik informasi lokal maupun informasi nasional. Walau ada beberapa hal yang tidak dapat diakses oleh masyarakat.
b.      Memudahkan masyarakat yang ingin mengetahui berbagai informasi pelayanan yang ada di daerahnya.
c.       Web dapat menjadi sarana promosi terhadap potensi-potensi yang dimiliki daerah ataupun negara. Tentu diharapkan akan mendatangkan investor asing maupun WNA yang ingin mengunjungi daerah ataupun negara tersebut.
d.      Memudahkan warga negara yang berada di luar negeri untuk mengetahui informasi-informasi yang ada di daerah asalnya.



3.      Kendala Web pada Organisasi Publik
Kendala dari adanya web pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.       Diperlukan biaya yang tinggi. Untuk menunjang web tersebut, pemerintahan memerlukan perlengkapan komputer yang harganya relatif mahal
b.      Tidak semua aparat pemerintahan yang mengerti dalam pengelolaan dan penggunaan web tersebut. Bahkan ada aparat pemerintahan yang belum mahir menggunakan perangkat komputer yang ada.
c.       Tidak seluruh masyarakat yang mengerti dan dapat mengakses informasi yang tersedia di dalam web.
d.      Adanya terjadi gangguan jaringan. Karena perhatian pemerintahan yang kurang terhadap hal-hal yang menunjang dari pengelolaan web itu sendiri. Sehingga data atau informasi sulit diperbaharui dan masyarakat sulit mengaksesnya

B.     Web Organisasi Swasta
Organisasi Swasta atau organisasi laba adalah organisasi yang juga bergerak di bidang pelayanan barang dan atau jasa yang kepemilikannya yang dibedakan dari kemampuanya membayar barang dan jasa tersebut sesuai dengan hukum pasar oleh satu orang atau lebih yang berorientasi pada keuntungan / laba.
Dengan demikian, jelas organisasi ini mempunyai tujuan utamanya adalah untuk mencari laba atau untung sebesar-besarnya. Organisasi laba meliputi antara lain perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga berskala besar baik bertaraf local, nasional maupun internasional. Ciri-cirinya antara lain Dimiliki oleh satu orang atau lebih, berorientasi pada keuntungan. Jadi pada organisasi swasta dalam melayani memperhatikan keuntungan yang akan diperoleh dari pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, organisasi swasta atau privat memiliki fungsi/departemen Bisnis. Seperti: Departemen Produksi, Departemen Pemasaran, dll
Dengan tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan. Sehingga dengan adanya web sabagai sarana promosi, penjualan produk dan transaksinya maka dapat mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dari segi efisiensi dan efaktifitas.
Salah satu sistem informasi dalam perusahaan  disebut dengan e-commerce, adalah pengguna jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer denganbrowser web untuk membeli dan menjual produk. Perusahaan harus memahami peranan yang dimainkan oleh internet dan www dalam memberikan infrastruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan e-commerce.
Layanan informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan lingkungannya. Di masa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari layanan informasi. Namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan dan akan menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang.

Manfaat Web bagi Organisasi Swasta
Manfaat dari adanya web bagi organisasi swasta, yaitu:
a.      Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan membuat website perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru.
b.      Menyediakan informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran), mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
c.       Mengkomunikasikan produk dan jasa perusahaan secara mendetail
Dengan website dapat dengan mudah menambah informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang tawarkan.  Jika perusahaan memiliki website maka hanya perlu meninggalkan alamat website/situs di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau jasa yang ditawarkan.
d.   Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima informasi mengenai perusahaan dan jasa yang mungkin didapat melalui presentasi, melihat brosure, browsing atau melihat iklan.
e.     Memudahkan pelanggan menghubungi kita
Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet , mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
f.       Meningkatkan kualitas layanan pelanggan
Dalam website dapat dengan mudah menambahkan informasi-informasi yang terkait dengan produk atau jasa perusahaan. Perusahaan  dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
g.      Meningkatkan kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern. Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.

C.    Perbandingan Web Organisasi Public dengan Organisasi Swasta
1.      Web Organisasi Publik


Gambar 1.1




Aspek
www.menhl.go.id
Warna

Website Kementerian Lingkungan Hidup memiliki background kombinasi dari warna hijau dan putih dan sebagian tulisannya ada warna hitam, putih , dan hijau.
Letak
Letak menu pada website kementerian Lingkungan Hidup pada bagian atas terdapat 8 menu, bagian samping terdapat 3 menu, dan bagian bawah terdapat 7 menu.
Fasilitas web

Terdapat fasilitas yang cukup memadai dari website ini, dimana terdapat menu mengenai informasi yang berakitan dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Dan pada website terdapat foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Kementerian Lingkungan Hidup.
Jumlah pengunjung
Hal ini dapat dilihat dari data polling, 50% (90) responden memilih baik, 18% (32) memilih buruk, 16% (29) memilih sangat baik, dan 16% (28) memilih dapat ditingkatkan. Dengan total responden yang mengisi polling berjumlah 179 orang.
Informasi
Informasi yang disediakan pada website kementerian lingkungan hidup kurang uptodate. Sebab informasi yang ditayang sudah 2 tahun yang lewat.

2.      Web Organisasi Swasta




Gambar 1.2

Aspek
www.posindonesia.co.id
Warna

Website pos indonesia memiliki background kombinasi dari warna hitam, abu-abu, dan putih. Pada tulisannya ada warna hitam, putih , biru, dan orange.
Letak
Letak menu pada website kementerian Lingkungan Hidup pada bagian atas terdapat 6 menu dan bagian samping terdapat 1 menu.
Fasilitas web

Terdapat fasilitas yang cukup memadai dari website ini, dimana terdapat menu mengenai informasi yang berkaitan dengan Pos Indonesia. Dan pada website terdapat foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Pos Indonesia.
Jumlah pengunjung
-
Informasi
Informasi yang disediakan pada website Pos Indonesia lebih uptodate, karena informasinya sesuai dengan waktu, kejadian pada masa sekarang.




Sumber Referensi:




Tidak ada komentar:

Posting Komentar