TUGAS
SISTEM
INFORMASI MANAJEMEN
“Perbandingan Website Orgnisasi Publik dengan
Organisasi Swasta”
Oleh
KELOMPOK
5
YONI
YULIA PUTRI (15042023)
WAHYU
KURNIAWAN (15042051)
BAYU
WIJAYA PUTRA (15042077)
Dosen
Matakuliah
Aldri
Frinaldi. SH.,M.Hum., Ph. D
JURUSAN
ILMU ADMINISTRASI NEGARA
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG
2017
A.
Web Organisasi Publik
Pada saat ini perkembangan teknologi informatika dan
komunikasi yang semakin cepat berkembang, mempengaruhi cepatnya kebutuhan akan
informasi yang semakin cepat, tanpa dibatasi oleh letak geografis. Dimana
kebutuhan informasi yang cepat dan dapat diakses oleh siapapun tersebut, dapat
diakomodasi oleh layanan yang bernama internet. Proses
komunikasi yang lancar menandakan bahwa terjalin suasana kondusif antara
yang diperintah dan memerintah. Penggunaan jasa internet yang saat ini
memberikan kemudahan bagi Pemerintah dan masyarakat untuk mengkomunikasikan
kebijakan serta memudahkan masyarakat untuk mengenal pemerintah tempat
tinggalnya, terkait dengan kebijakan pemerintah pusat untuk mengembangkan
proses e-government tentunya sangat cocok untuk mempraktekkan pemerintahan yang
berbasis teknologi komunikasi.
Sejalan dengan itu,
peran dan fungsi pemerintah dalam kerangka mensosialisasikan kebijakan dan
informasi yang cepat sangat mutlak diperlukan. Salah satu langkah yang
dilakukan adalah dengan membuat suatu portal website. Dengan adanya website,
informasi, komunikasi, dan transaksi antara masyarakat dan pemerintah dilakukan
via internet. Sehingga ada beberapa manfaat yang dihasilkan seperti misalnya,
komunikasi dalam sistem administrasi berlangsung dalam hitungan jam, bukan hari
atau minggu. Artinya, pelayanan pemerintah pada masyarakat menjadi sangat
cepat, service dan informasi dapat disediakan 24 jam sehari, tujuh hari dalam
seminggu. Informasi dapat dicari dari kantor, rumah, bahkan mobile dimanapun
tanpa harus hadir secara langsung. Fungsi ini disebut sebagai fungsi pelayanan
pemberian informasi secara G2C (Government to Citizen).
Fungsi lainnya adalah G2B (Government to Business),
dan G2G (Government to Government).
1.
Manfaat
Website pada Organisasi Publik
Manfaat
dari adanya website pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.
Dapat menerima aspirasi masyarakat dengan efektif
dan efisien
b.
Masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya secara
mudah tanpa demonstrasi atau kekerasan
c.
Antara pemerintah dan masyarakat terjadi hubungan
yang berkesinambungan berkat
website yang dikelola pemerintah.
d.
Program-program pemerintah dapat tersampaikan secara
efektif dan efisien berkat website yang dikelola pemerintah
e.
Pemerintah lebih terbuka terhadap masyarakat dan KKN
lebih terawasi masyarakat.
f.
Mengundang para investor baik dalam negeri maupun
luar negeri.
g.
Internet sebagai media untuk berkampanye
h.
Fasilitas Teleconference, dapat digunakan pada konferensi dengan lebih efektif dan
efisien, tanpa memerlukan banyak uang dan waktu.
2.
Keunggulan
Web pada Organisasi Publik
Keunggulan dari adanya
web pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.
Masyarakat dapat
mengakses berbagai informasi tentang pemerintahan. Baik informasi lokal maupun
informasi nasional. Walau ada beberapa hal yang tidak dapat diakses oleh
masyarakat.
b.
Memudahkan masyarakat
yang ingin mengetahui berbagai informasi pelayanan yang ada di daerahnya.
c.
Web dapat menjadi sarana
promosi terhadap potensi-potensi yang dimiliki daerah ataupun negara. Tentu
diharapkan akan mendatangkan investor asing maupun WNA yang ingin mengunjungi
daerah ataupun negara tersebut.
d.
Memudahkan warga negara
yang berada di luar negeri untuk mengetahui informasi-informasi yang ada di
daerah asalnya.
3.
Kendala
Web pada Organisasi Publik
Kendala dari adanya
web pada organisasi pemerintah, yaitu:
a.
Diperlukan biaya yang
tinggi. Untuk menunjang web tersebut, pemerintahan memerlukan perlengkapan
komputer yang harganya relatif mahal
b.
Tidak semua aparat
pemerintahan yang mengerti dalam pengelolaan dan penggunaan web tersebut.
Bahkan ada aparat pemerintahan yang belum mahir menggunakan perangkat komputer
yang ada.
c.
Tidak seluruh masyarakat
yang mengerti dan dapat mengakses informasi yang tersedia di dalam web.
d.
Adanya terjadi gangguan
jaringan. Karena perhatian pemerintahan yang kurang terhadap hal-hal yang
menunjang dari pengelolaan web itu sendiri. Sehingga data atau informasi sulit
diperbaharui dan masyarakat sulit mengaksesnya
B.
Web
Organisasi Swasta
Organisasi Swasta atau organisasi
laba adalah organisasi yang juga bergerak di bidang pelayanan barang dan atau
jasa yang kepemilikannya yang dibedakan dari kemampuanya membayar barang dan
jasa tersebut sesuai dengan hukum pasar oleh satu orang atau lebih yang
berorientasi pada keuntungan / laba.
Dengan demikian, jelas organisasi ini mempunyai tujuan
utamanya adalah untuk mencari laba atau untung sebesar-besarnya. Organisasi
laba meliputi antara lain perusahaan-perusahaan berskala kecil hingga berskala
besar baik bertaraf local, nasional maupun internasional. Ciri-cirinya antara
lain Dimiliki oleh satu orang atau lebih, berorientasi pada keuntungan. Jadi
pada organisasi swasta dalam melayani memperhatikan keuntungan yang akan
diperoleh dari pelayanan yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu,
organisasi swasta atau privat memiliki fungsi/departemen Bisnis. Seperti:
Departemen Produksi, Departemen Pemasaran, dll
Dengan
tersedianya media yang bisa diakses semua orang, maka perusahaan yang ingin
dikenal secara luas maupun perusahaan yang ingin menjaga hubungan dengan
pelanggannya perlu membuat situs/website yang berisi informasi profil
perusahaan maupun jasa/produk yang diberikan. Sehingga dengan adanya web
sabagai sarana promosi, penjualan produk dan transaksinya maka dapat
mendatangkan keuntungan bagi perusahaan dari segi efisiensi dan efaktifitas.
Salah satu
sistem informasi dalam perusahaan disebut dengan e-commerce,
adalah pengguna jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses
bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan
internet dan komputer denganbrowser web untuk membeli dan menjual
produk. Perusahaan harus memahami peranan yang dimainkan oleh internet dan www
dalam memberikan infrastruktur yang dibutuhkan bagi keberadaan e-commerce.
Layanan
informasi memainkan peran penting dalam mengubah hubungan perusahaan dengan
lingkungannya. Di masa lalu, konsumen bukan merupakan perhatian utama dari
layanan informasi. Namun konsumen menjadi semakin penting artinya dan dan akan
menjadi fokus utama bagi sebagian besar perusahaan di masa mendatang.
Manfaat Web bagi
Organisasi Swasta
Manfaat dari adanya web bagi organisasi swasta, yaitu:
a.
Meningkatkan visibilitas/kehadiran perusahaan
Dengan membuat website
perusahaan berarti menambah visibilitas/kehadiran perusahaan. Bisa diibaratkan
perusahaan membuka showroom (ruang pamer) yang baru.
b.
Menyediakan
informasi profil perusahaan secara detail
Pada saat suatu perusahaan berhubungan dengan
perusahaan lain yang baru dikenalnya (misal baru saja menerima penawaran),
mungkin dia akan mencari tahu lebih mengenai profil perusahaan yang baru saja
memberikan penawaran. Perusahaan ini harus mengetahui profil dari perusahaan
lain yang mungkin akan menjadi rekanan perusahaan tersebut. Perusahaan tersebut
dapat mencari informasi lebih dalam dalam website perusahaan rekanan.
c.
Mengkomunikasikan
produk dan jasa perusahaan secara mendetail
Dengan website dapat dengan mudah menambah
informasi yang lebih mendetail dari produk-produk atau jasa-jasa yang tawarkan.
Jika perusahaan memiliki website maka hanya perlu meninggalkan alamat
website/situs di dalam koran/majalah, papan reklame atau brosur untuk memudahkan
orang atau perusahaan mendapatkan informasi lebih detail mengenai produk atau
jasa yang ditawarkan.
d. Mengingatkan calon pelanggan yang lupa
Dalam proses pemasaran, calon pelanggan menerima
informasi mengenai perusahaan dan jasa yang mungkin didapat melalui presentasi,
melihat brosure, browsing atau melihat iklan.
e. Memudahkan pelanggan menghubungi kita
Seperti kasus sebelumnya, pelanggan mungkin
kehilangan kartu nama atau nomor telepon perusahaan kita. Pelanggan tentu
mengingat nama perusahaan kita, kemudian melakukan pencarian di internet ,
mencari perusahaan kita, menemukan dan menghubungi kita kembali.
f.
Meningkatkan
kualitas layanan pelanggan
Dalam website dapat dengan mudah menambahkan informasi-informasi
yang terkait dengan produk atau jasa perusahaan. Perusahaan dapat menambahkan informasi mengenai hal-hal
yang memecahkan persoalan yang mungkin dihadapi pelanggan. Informasi ini dapat
langsung dibaca pelanggan atau sebagai pedoman bagi bagian support. Dengan
demikian pelanggan mudah mendapatkan informasi mengenai keluhannya dan bagian
support juga dipermudah dalam melayani pelanggannya.
g.
Meningkatkan
kredibilitas perusahaan
Perusahaan yang memiliki website akan terkesan maju dan modern.
Dengan demikian maka kredibilitas perusahaan akan meningkat.
C.
Perbandingan Web
Organisasi Public dengan Organisasi Swasta
1.
Web Organisasi Publik
Gambar 1.1
Aspek
|
www.menhl.go.id
|
Warna
|
Website Kementerian
Lingkungan Hidup memiliki background kombinasi dari warna hijau dan putih dan
sebagian tulisannya ada warna hitam, putih , dan hijau.
|
Letak
|
Letak
menu pada website kementerian Lingkungan Hidup pada bagian atas terdapat 8
menu, bagian samping terdapat 3 menu, dan bagian bawah terdapat 7 menu.
|
Fasilitas web
|
Terdapat
fasilitas yang cukup memadai dari website ini, dimana terdapat menu mengenai
informasi yang berakitan dengan Kementerian Lingkungan Hidup. Dan pada
website terdapat foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Kementerian
Lingkungan Hidup.
|
Jumlah pengunjung
|
Hal
ini dapat dilihat dari data polling, 50%
(90) responden memilih baik, 18% (32) memilih buruk, 16% (29) memilih sangat
baik, dan 16% (28) memilih dapat ditingkatkan. Dengan total responden yang
mengisi polling berjumlah 179 orang.
|
Informasi
|
Informasi yang disediakan pada website
kementerian lingkungan hidup kurang uptodate.
Sebab informasi yang ditayang sudah 2 tahun yang lewat.
|
2.
Web
Organisasi Swasta
Gambar 1.2
Aspek
|
www.posindonesia.co.id
|
Warna
|
Website pos indonesia
memiliki background kombinasi dari warna hitam, abu-abu, dan putih. Pada
tulisannya ada warna hitam, putih , biru, dan orange.
|
Letak
|
Letak
menu pada website kementerian Lingkungan Hidup pada bagian atas terdapat 6
menu dan bagian samping terdapat 1 menu.
|
Fasilitas web
|
Terdapat
fasilitas yang cukup memadai dari website ini, dimana terdapat menu mengenai
informasi yang berkaitan dengan Pos Indonesia. Dan pada website terdapat
foto-foto kegiatan yang berhubungan dengan Pos Indonesia.
|
Jumlah pengunjung
|
-
|
Informasi
|
Informasi
yang disediakan pada website Pos Indonesia lebih uptodate, karena informasinya sesuai dengan waktu, kejadian pada
masa sekarang.
|
Sumber
Referensi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar